Ekonomi

5 Kunci Sukses Dalam Bisnis

Ilustrasi.net

GARDAPOS.COM - Ada 5 Kunci yang perlu diperhatikan untuk dapat sukses dalam bisnis, jika bisnis anda memiliki kelima kunci tersebut, maka bisnis anda adalah bisnis yang potensial untuk sukses.

Perhatikan 5 Kunci ini sebagai berikut:
1. Pilihlah bisnis yang tepat, hal pertama yang harus anda tentukan dahulu adalah memilih bisnis yang memberikan kesempatan terbaik kepada anda untuk sukses. Bisnis yang memiliki entry barrier yang rendah bukanlah merupakan pilihan yang bijak karena pada bisnis ini dalam sekejap akan ada banyak pemain yang mengikuti anda dan memperebutkan "kue" yang sama dengan anda.

Karakteristik penting yang harus dimiliki oleh suatu bisnis yang baik adalah memiliki potensi, yaitu potensi untuk:
√Menghasilkan laba,
√Berkembang, dan
√Melakukan diversifikasi.

Suatu bisnis yang baik minimal haruslah memiliki salah satu dari karakteristik diatas. Jika suatu bisnis memiliki ketiganya itu adalah bisnis yang luar biasa. Jika anda diminta untuk memilih yang mana dari ketiga strategi diatas yang harus dilihat terlebih dahulu, apa pilihan anda? Potensi untuk berkembang! Adalah lebih mudah untuk sukses dalam suatu bisnis yang sedang berkembang.

Berkembang berarti customer menginginkan nilai yang lebih dari yang ditawarkan oleh perusahaan.

2. Ciptakan strategi yang tepat, dalam bisnis yang sudah jenuh dan menurun pasti bisa kita temukan minimal 1 perusahaan yang tetap menghasilkan laba dan terus berkembang. Apa yang membedakan perusahaan satu ini dengan pesaing lainnya yang telah tenggelam? Strategi! Jika anda ingin mengembangkan strategi yang baik untuk bisnis Anda, anda haruslah dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
•Apa strategi bisnis anda saat ini?
•Bagaimana masa depan industri anda?
•Seberapa baik strategi bisnis anda saat ini dan apa strategi alternatif anda?

3. Kembangkan sistem yang tepat, sistem yang tepat adalah sistem yang dapat menyediakan informasi yang tepat, dalam bentuk dan waktu yang tepat, agar anda dapat mengambil dan mengimplementasikan keputusan terbaik.

4. Desain struktur organisasi yang tepat, tujuan dari struktur organisasi adalah untuk menyediakan kerangka kerja dimana manajemen dapat mengakses dan menggunakan informasi yang dibutuhkan untuk menciptakan dan mengimplementasikan strategi yang telah disusun.

Struktur organisasi yang disusun haruslah dikaitkan langsung dengan strategi dan sistem anda. Dalam menyusun struktur organisasi, anda harus memperhatikan pada hal-hal sebagai berikut;
Adanya kesatuan komando (unity of command) yang berarti seorang bawahan harus memiliki satu orang atasan saja.
Rentang kendali (span of control) dalam arti harus dipikirkan satu orang atasan maksimal membawahi berapa orang bawahan. Hal ini amat tergantung dari kualifikasi dan kemampuan si atasan dan karakteristik pekerjaan bawahannya.
Adanya pemisahan fungsi (segregation of duties) dalam arti fungsi-fungsi yang ada di organisasi haruslah dipisahkan sedemikian rupa sehingga tidak memungkinkan/memperkecil kemungkinan timbulnya kecurangan.

5. Tempatkan orang yang tepat, sistem yang tepat, strategi yang tepat dan struktur organisasi yang tepat tanpa orang yang tepat adalah sia-sia dan tidak ada artinya.

Memilih orang yang tepat merupakan hal yang tidak mudah dan sangat menantang. Karena, jika kita berbicara mengenai manusia ada begitu banyak faktor yang mempengaruhinya. Jika anda  telah menemukan orang yang tepat, PELIHARALAH mereka dengan cara memperlakukan mereka secara adil.


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar