Budaya dan Sastra

Sajak Berdiri Aku, Contoh Keindahan Hasil Seni

(Ist)

GARDAPOS.COM - Sesuatu hasil seni dapat dikatakan INDAH apabila rangkaian dari bagian-bagiannya merupakan suatu susunan yang lengkap dan merupakan keutuhan, yang mampu menimbulkan kenikmatan.

KEINDAHAN berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni (meskipun tidak semua seni indah), pemandangan alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, taman, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna, dan sebagainya.

KEINDAHAN adalah identik dengan kebenaran. Keindahan adalah kebenaran, dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah.

Menurut cakupannya orang harus membedakan antara keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk membedakan ini dalam bahasa Inggris sering digunakan istilah "beauty" (keindahan) dan "the beautiful" (benda atau hal yang indah). Dalam pembahasan filsafat kedua pengertian itu kadang-kadang dicampur adukkan saja.

Selain itu menurut luasnya dibedakan pengertian: 1). Keindahan dalam arti luas. 2). Keindahan dalam arti estetik murni. 3). Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan.

Berikut ini adalah contoh sebuah sajak yang berjudul "BERDIRI AKU"

"Berdiri Aku"

Berdiri aku di senja senyap
Camar melayang menepis buih
Melayang bakau mengurai ombak
Berjulang datang ubur terkembang

Angin pulang menyejuk bumi
Menepuk teluk menghempas emas
Lari ke gunung memuncak sunyi
Berayun alun diatas-atas

Berenang raja mencelap ujung
Naik marak menyerak corak
Elang Leka sayap tergulung
Dimabuk warna berarak-arak

Dalam rupa maha sempurna
Rindu sendu mengharu kalbu
Ingin datang merasa sentosa
Mengecap hidup bertentu tuju

(Amir Hamzah)


Menurut Sutan Takdir Alisyahbana sajak Amir Hamzah itu buah kesusteraan yang sangat sempurna. []


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar