Pendidikan

Imam Malik, Sejarah Ringkas Ahli Hadits yang Merawikan Hadits-Hadits Nabi Muhammad S.A.W

GARDAPOS.COM - Imam Malik bin Anas (wafat 179 H). Nama lengkap beliau adalah Malik bin Anas bin Abi'Amir al Anshari, dan digelari Abu Abdillah. Lahir di Madinah pada tahun 95 H.

Imam Malik adalah seorang Ulama Tabi'in (generasi kedua sesudah Nabi), yang sangat 'alimnya. Beliau belajar fikih kepada Rabi'ah ar Ra’ji seorang guru yang terkenal dalam ilmu fikih ketika itu.

Ilmu hadits beliau pelajari dari ulama-ulama hadits ketika itu, yaitu
Imam Nafi'i, Imam Syaibah az Zuhri dan lain-lain.

Imam Malik bin Anas terkenal dengan gelar julukan “Imam Darul Hijrah" (Imam Kampung perpindahan). Beliau adalah pembangun Madzhab Maliki dalam fikih.

Tetapi, walaupun beliau ahli fikih, beliau adalah seorang ahli hadits pula. Kitab beliau "Al Muwatha", memuat banyak hadits yang dijadi-kan sumber bagi hukum fikih oleh Ulama-ulama fikih kemudian.

Imam Malik mengumpul hadits selama 40 tahun telah menghapal sebanyak 100.000 hadits, tetapi kemudian hadits-hadits yang banyak itu disaring sanadnya, disaring matannya, maka yang tinggal yang dituliskan dalam kitab "At Muwatha'' adalah sebanyak 5000 saja.

Setelah selesai mengarang kitab Al Muwatha', maka beliau menunjukkan kitabnya itu kepada 70 orang Ulama fikih pada zaman itu, yang semuanya menyatakan setuju. Karena itu diberi judul dengan "al Muwatha'", yaitu kitab yang disetujui.

Imam Malik bin Anas, Wafat di Madinah tahun 179 H.[]


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar