Malam Syukuran Jelang Perlombaan Dragon Boat di Langgam

Rabu, 27 November 2019

Malam Syukuran jelang perlombaan Dragon Boat, H.M Harris dan Tokoh Pemuda dan Ninik Mamak beserta unsur kepanitiaan, Rabu (27/11) malam di Anjungan Ranah Tanjung Bunga, Langgam.

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Dalam rangka mensukseskan perlombaan "Dragon Boat/Boat Race" panitia pelaksana bersama tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta Bupati Pelalawan, H.M Harris, pada pukul 20.00 WIB, Rabu (27/11) malam mengadakan syukuran dengan Tradisi Melayu masyarakat Langgam yang dikenal dengan "Makan Bejambaeu" (Makan bersama) di Anjungan Ranah Tanjung Bunga, Langgam.

Selain Bupati Pelalawan, tampak hadir tim juri, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Kadis Sosial, Kakan Pol PP, Kadis Arsip dan dan Kepala Dinas Pariwisata, Budaya dan Olahraga, Andi Yuliandri,.S.Kom. Dimana pembukaan perlombaan secara resmi besok, Kamis (28/11) sore sekira pukul 14.00 WIB akan dibuka secara resmi oleh Bupati Pelalawan, H.M Harris.

Kadisparbudpora Pelalawan, Andi Yuliandri usai makan "bejambaeu" berkesempatan memberikan sambutan dan laporan kepada Bupati Pelalawan mengatakan adapun peserta lomba yang akan hadir sesuai dengan yang diundang adalah peserta dari seluruh kecamatan se Kabupaten Pelalawan dan sudah terdaftar di kepanitiaan, kata Andi Yuliandri.

Kemudian lanjutnya dengan kegiatan ini kami berharap bisa menjadi salah satu kegiatan yang besar nantinya di Kabupaten Pelalawan karena peminat olahraga dayung ini cukup banyak dan butuh dukungan juga seperti pengadaan sampan dayung untuk di masing-masing daerahnya, ujar Pak Kadis sampaikan laporannya dihadapan Pak Bupati Harris.

"Jadi memang kegiatan yang sama pada tahun 2017 di Tanjung Putus Pangkalan Kerinci dan juga budaya sampan kampo di sungai ara dengan peserta yang cukup ramai sukses kita laksanakan dan perlu dukungan kita bersama, pungkas Andi.

"Rencana kegiatan ini memang sudah sekian lama dirancang pada jauh jauh hari yakni pada awal tahun, namun baru bisa kita laksanakan pada akhir tahun. Itulah makanya kami ingin membuat syukuran agar kegiatan kami bisa berjalan dengan baik," pungkas Andi.

Banyak hal mungkin belum bisa kami lengkapi, mungkin salah satunya faktor belum berpengalaman atau belum siap dengan segala sesuatunya agar kegiatan ini maksimal sesuai dengan ketentuan yang ada. Tapi kami tetap berusaha agar kegiatan ini lebih baik dan nantinya bisa memberikan contoh bagi kecamatan lain apabila ingin melaksanakan kegiatan ini. Memang kegiatan ini menjadi suatu penggerak bagi kami agar bisa mengalir atau lebih banyak pengikutnya, ungkap Andi kepada Bupati Harris lagi.

"Ya kegiatan ini pada dasarnya bertujuan salah satunya adalah untuk menjalin silahturahmi antar sesama peserta, atlit dayung maupun peminat olah raga sampan dimasyarakat kita." kata Andi Yuliandri.

Kemudian ditambahkan Datuk Penghulu Langgam pada kesempatan itu mengungkapkan bahwa kami dari pihak "Ninik Mamak Anak Kemenakan" menyambut baik kegiatan ini. Kami berharap kegiatan perlombaan ini dapat menjadi motivasi dan memicu semangat olahraga dayung daerah hingga tingkat kabupaten, daerah, nasional maupun internasional, ujar Datuk Penghulu Langgam singkat.

Sementara itu dari pihak Panitia lokal yang turut membantu suksesnya acara dari Himpunan Seniman Pelalawan dan KNPI, Fawal menyampaikan daftar pengisi acara nantinya juga akan diisi dengan malam pentas seni budaya: SDN 003 Sotol dengan Penampilan Tari Selendang dan Tari Kreasi, MI Darul Falah Langgam dengan penampilan Rebana dan Puisi, SMAN 1 Langgam dengan Tari Kreasi, SDN 008 Langgam dengan penampilan Puisi dan Lagu Solo, SMP Tahfiz dengan Puisi Berantai, dan SMPN 1 Langgam dengan penampilan spektakulernya Tari Kreasi Pengobatan Tradisional, jelas Pawali Ketua KNPI Kecamatan Langgam. (gp.1)