Memburu Kepala Api Agar Tidak Menyebar Dan Meluas

Rabu, 31 Juli 2019

Dantim Subsatgas 7 Tim 10, Peltu D. Lumban Gaol bersam tim damkar terus memburu Kepala api untuk dilakukan pendinginan.

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Anggota Subsatgas 7 Tim 10 Koramil 09/Langgam Kodim 0313/KPR siaga patroli rutin karlahut, Selasa (30/7/2019) diwilayah perbatasan Kelurahan Kerinci Barat, Kecamatan Pkl. Kerinci, dengan Desa Lubuk Ogung Kecamatan Bdr. Seikijang. 

"Patroli dilakukan untuk menghadang api, karena asap masih terus mengepul di lokasi bekas kebakaran lahan sebelumnya. Kemudian saat menemukan sumber asap sebisanya memadamkan dengan ranting pohon atau menghubungi tim damkar Satpol PP Pemkab Pelalawan untuk dilakukan pendinginan," terang Kapten Arh Kharidon Sitio, Danramil 09/Lgm kepada wartawan.

Kondisi di lapangan pada saat patroli, sangat diperlukan stamina yang baik. Efek asap bekas kebakaran lahan pada saat menghadang kepala api perlu bantuan tim damkar untuk dilakukan pendinginan agar api tidak lagi menyebar dan meluas, ungkap Peltu D. Lumban Gaol, Dantim Subsatgas 7 Tim 10.

"Alhamdulillah, berkat kesigapan anggota tim Subsatgas Koramil 09/Langgam Kodim 0313/KPR dan Tim Damkar api dapat di padamkan, dan luas lokasi yang terbakar bukan lahan gambut dapat diminimalisir hanya 1/4 Ha," ungkap Peltu D. Lumban Gaol. (*)