Personil Koramil 09/Langgam Gencar Patroli Karhutla

Kamis, 18 Juli 2019

Dukung TMMD Ke 105 Kodim 0313/KPR, Personil Koramil 09/Langgam Gencar Patroli Karhutla.

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Babinsa Koramil 09/Langgam Kodim 0313/KPR, Serda Adi Akmal dan anggota, terus melakukan kegiatan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Rabu (17/7/2019) di Desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan-Riau.

Sebagaimana diketahui kegiatan patroli Karhutla ini telah rutin dilakukan agar dapat memastikan bahwa wilayah binaan Koramil 09/Langgam bebas dari aksi pembakaran hutan dan lahan.

“Meski harus lewati medan yang sulit dan sunyi Personil Koramil 09/Langgam ini rutin melakukan patroli di setiap desa dalam wilayah tugas kita. Kita ingin pastikan tidak ada aksi pembakaran lahan yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan," ujar Serda Adi Akmal.

Tidak hanya patroli, kita juga gencar melakukan sosialisasi kepada warga agar bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu yang ditekankan adalah agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, terangnya.

“Kita juga melakukan sosialisasi kepada warga baik pada saat patroli maupun pada kesempatan lainnya. Kita meminta kepada mereka agar sama-sama menjaga agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan. Salah satu yang kita tekankan adalah agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, “ ungkap Serda Adi Akmal.

Mengenai patroli Karhutla ini Serda Adi Akmal memastikan akan terus melakukannya walau medan yang dilalui sangat berat, karena cara ini dianggap sangat efektif untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Patroli kita lakukan dengan menggunakan sepeda motor agar dapat lebih leluasa melintasi medan medan sulit seperti yang sedang kami lakukan saat ini,“ tutupnya.(*)