Penggiat Literasi Rokan Hulu Diskusi Literasi tentang Menulis Berita

Senin, 17 Juni 2019

Penggiat Literasi Rokan Hulu (PLR) dalam memajukan literasi, menggelar acara diskusi bulanan dengan tema tentang menulis berita.

GARDAPOS.COM, ROKAN HULU – Semangat Penggiat Literasi Rokan Hulu (PLR) dalam memajukan literasi, menggelar acara diskusi bulanan dengan tema tentang menulis berita. Kegiatan ini dimaksudkan agar semua anggota PLR mampu dan mahir menulis berita nantinya.

Hal itu dikatakan Presiden PLR, Nirma Herlina, C.Ht., M.Pd, saat berlangsungnya kegiatan belajar menulis berita yang dipandu oleh M Syari Faidar, SE dari Koordinator Liputan (Korlip) media AuraNEWS.id, Ahad (16/6/2019) di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, Komplek Perkantoran Bhakti Praja, Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

“ PLR akan bersinergi dengan media sehingga kita perlu membangun kerja sama dengan media dan anggota PLR diharapkan bisa menulis berita di setiap kegiatan literasi agar literasi Rohul berkembang,” ujar Nirma.

Kemudian M. Syari Faidar dalam arahannya menyebutkan bahwa filosofi berita atau NEWS merujuk pada huruf awal empat arah mata angin, yakni North, East, West, South yang menunjukkan bahwa berita itu dapat berasal dari arah manapun,” kata Faidar.

“ Kaidah yang terpenting dalam menulis berita itu adalah menggunakan kaidah 5W1H yang tetap mengacu pada UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers serta tidak melanggar Kode Etik Jurnalistik,” jelasnya.

Semua peserta sangat antusias mengikuti diskusi tentang bagaimana mengemas berita yang layak dikonsumsi oleh pembaca dan juga diberi tugas untuk menulis berita, hal ini sebagai realisasi dari ilmu yang didapatkan dari belajar menulis berita.

Reski Alfajri penulis dan mahasiswa FBSI STKIP Rokania sebagai moderator berharap belajar menulis berita sangat bermanfaat untuk kemajuan literasi. “ Dengan adanya kegiatan bincang literasi belajar menulis berita tentu saja akan menambah ilmu dan menjadi amunisi guna memacu semangat menulis agar bisa mempublikasikan kegiatan yang ada,” ungkapnya. (*)